PASKALIS DAKHI 3. PASKALIS DAKHI, PENGARUH PERSEPSI NILAI NASABAH DAN KUALITAS PELAYANAN PERBANKAN TERHADAP MOTIVASI MENABUNG MASYARAKAT NIAS SELATAN
Abstract
Bank Sumut merupakan bank yang memiliki jaringan operasional di wilayah Kabupaten Nias Selatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh persepsi nilai nasabah dan kualitas pelayanan perbankan terhadap motivasi menabung masyarakat Nias Selatan pada bank Sumut cabang Telukdalam. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan teknik penentuan sampel adalah purposive sampling, sehingga dari kurang lebih 70.000 orang populasi, sampel yang diperlukan adalah 70 orang yang terdiri dari nasabah yang tujuannya untuk menabung. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan persepsi nilai nasabah dan kualitas pelayanan perbankan berpengaruh terhadap motivasi menabung masyarakat Nias Selatan. Berdasarkan uji parsial faktor persepsi nilai nasabah dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap motivasi menabung masyarakat Nias Selatan. Sehingga dari hasil penelitian ini persepsi nilai nasabah dan kualitas pelayanan perbankan perlu diperhatikan oleh Manajemen Bank Sumut cabang Telukdalam, karena berpengaruh secara simultan maupun secara parsial terhadap motivasi menabung masyarakat Nias Selatan.