Paskalis Dakhi Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Minat Kuliah Mahasiswa Program Studi D3 Akuntansi STIE Nias Selatan
Abstract
Program studi D3 Akuntansi merupakan program studi yang terdapat di perguruan tinggi STIE Nias Selatan. Pada penelitian ini secara khusus dilatarbelakangi oleh karena jumlah mahasiswa dalam kurun lima tahun terakhir jumlahnya fluktuatif dan tahun 2017 menunjukkan kecenderungan menurun. Fenomena ini menjadi objek yang menarik untuk diteliti seberapa besar bauran pemasaran jasa mempengaruhi minat kuliah mahasiswa pada prodi D3 Akuntansi STIE Nias Selatan.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif prodi D3 Akuntansi STIE Nias Selatan yang berjumlah 113 orang dan penentuan sampel dilakukan dengan teknik strata proporsional sehingga responden berjumlah 81 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Pengaruh secara parsial antara setiap variabel bebas terhadap variabel terikatnya dilakukan uji t sedangkan untuk melihat ada tidaknya pengaruh secara simultan variabel bebas terhadap variabel terikatnya dilakukan dengan uji F. Sedangkan uji koefisien determinasi untuk melihat seberapa besar variasi variabel minat kuliah dapat dijelaskan oleh variabel bauran pemasaran jasa.Berdasarkan hasil penelitian maka didapatkan hasil persamaan regresi, yaitu:
Y= 8,755+ 0,229 X1+ 0,025 X2 - 0,012 X3 - 0,018 X4 - 0,098 X5 +0,396 X6
Berdasarkan hasil uji parsial maka variabel bukti fisik merupakan variabel yang mempengaruhi minat kuliah mahasiswa prodi D3 Akuntansi STIE Nias Selatan dengan t hitung 3,597 > t tabel 2,12.Hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh secara simultan antara variabel bebas dengan variabel terikat dengan hasil uji F hitung 3,340 > F tabel 2,12. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa 21,3 % variasi varibel minat kuliah mahasiswa dipengaruhi oleh variabel bauran pemasaran jasa.