PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH KULIAH DI STIE NIAS SELATAN

  • Paskalis Dakhi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nias Selatan
Keywords: Bauran Pemasaran Jasa, Keputusan Memilih

Abstract

STIE Nias Selatan merupakan perguruan tinggi dalam bidang ilmu ekonomi yang berada di wilayah Kabupaten Nias Selatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap pengambilan keputusuan mahasiswa untuk kuliah di STIE Nias Selatan. Bauran pemasaran jasa terdiri dari tujuh unsur yaitu: produk, harga, promosi, tempat,proses, orang dan bukti fisik. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan teknik penentuan sampel adalah stratified random sampling, sehingga dari 1200 populasi, sampel yang diperlukan adalah 140 orang yang terdiri dari mahasiswa dari berbagai tingkatan semester. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan bauran pemasaran jasa berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa kuliah di STIE Nias Selatan. Sedangkan secara parsial maka hanya unsur bukti fisik yang pengaruh terhadap keputusan mahasiswa kuliah di STIE Nias Selatan. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa bauran pemasaran jasa diperlukan karena berpengaruh secara simultan terhadap keputusan mahasiswa untuk memilih kuliah di STIE Nias Selatan dan secara parsial bukti fisik merupakan unsur yang paling berpengaruh terhadap keputusan tersebut.

Published
2020-07-09
How to Cite
Dakhi, P. (2020). PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH KULIAH DI STIE NIAS SELATAN. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Nias Selatan, 1(1), 21. Retrieved from https://www.jurnal.uniraya.ac.id/index.php/JEB/article/view/44