THE EFFECTIVENESS OF GROUP TUTORING SERVICES IN INCREASING STUDENTS' READING INTEREST IN THE LIBRARY SMP NEGERI 3 ONE STOP UMBUNASI T.P 2022/2023
Guru BK di SMP Negeri 3 Satu Atap Umbunasi, Nias Selatan
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya minat baca siswa di perpustakaan SMP Negeri 3 Satu Atap Umbunasi dilihat dari siswa tidak memanfaatkan waktu untuk membaca ketika jam pelajaran kosong, siswa tidak memanfaatkan keberadaan perpustakaan untuk mengerjakan tugas dengan mencari referensi melalui perpustakaan. Tujuan penelitian yaitu: Mendeskripsikan tingkat minat baca siswa di perpustakaan SMP Negeri 3 Satu Atap Umbunasi sebelum pelaksanaan layanan bimbingan kelompok;mendeskripsikan tingkat minat baca siswa di perpustakaan SMP Negeri 3 Satu Atap Umbunasi setelah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok;menguji layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat baca siswa di perpustakaan SMP Negeri 3 Satu Atap Umbunasi. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini pre-eksperimen yaitu the one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah SMP Negeri 3 Satu Atap Umbunasi yang berjumlah 87 orang. Sampel penelitian adalah siswa yang minat baca di perpustakaan rendah berjumlah 30 orang. Hasil penelitian: Tingkat minat baca di perpustakaan sebelum pelaksanaan layanan bimbingan kelompok sebesar 71,60 dan termasuk kategori rendah. Tingkat minat baca di perpustakaan setelah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok sebesar 104,27, dan termasuk kategori tinggi. Kesimpulan: Upaya yang dapat dalam meningkatkan minat baca adalah melalui layanan bimbingan kelompok, hal ini ditandai dengan siswa antusias dan termotivasi untuk mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik. Layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan minat baca di perpustakaan, dimana sebelum pelaksanaan layanan bimbingan kelompok berada pada kategori rendah dan setelah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok berada pada kategori tinggi. Saran: Hendaknya siswa meningkatkan minat baca, melakukan kunjungan ke perpustakaan di sekolah maupun di luar sekolah.
References
Hartinah, Siti. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Reflika Aditama.
Juniantoro Shandy, dkk. 2019. Literasi Digital dalam Tantangan Pendidikan Abad 21. Jawa: PT. Nasya Expanding Management.
Mardianto, Herry. 2014. Mutiara Tiga Penjuru Antologi Puisi Bengkel Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: PT. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Balai Bahasa.
Nuhrihsan, Achmad Juntika. 2010. Bimbingan dan Konseling (dalam Berbagai Latar Kehidupan). Bandung: PT. Refika Aditama.
Prayitno dan Amti. 2008. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno, Afdal, Ifdil, dan Ardi Z. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Bogor: PT Ghalia Indonesia.
Prastowo, Andi. 2015. Manajemen perpustakaan sekolah professional. Yogyakarta: PT. Diva Press.
Mardalis. 2010. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Meliyati. 2016. Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: PT. Deepublish.
Murniaty. 2013. Pengembangan Minat BacaMasyarakat: Upaya Perpustakaan Sekolah dan PerpustakaanDesadalamMengembangkanMinat Baca MasyarakatPenggunanya. Tarutung: PT. Diskusidan Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dan PerpustakaanDesa/Kelurahan.
Subana, Rahadi dan Sudrajat. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: PT. Pustaka Setia
Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Bu’ulolo, P., & Laia, B. (2022). HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 4 FANAYAMA. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(2), 25-38.
Bu'ulolo, S., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENCEGAH BULLYING DI SMA NEGERI 1 AMANDRAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 53-62.
Gaho, J., Telaumbanua, K., & Laia, B. (2022). EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 1(1), 38-46.
Gori, Y., Fau, S., & Laia, B. (2023). PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 2 TOMA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 123-133.
Gulo, D., & Laia, B. (2023). PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP PERENCANAAN KARIER SISWA DI SMK NEGERI 1 TELUKDALAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 88-98.
Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 40-52.
Laia, B., & Daeli, B. (2022). Hubungan Kematangan Emosional dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Faomasi Kecamatan Lahomi Kabupaten Nias Barat. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(2), 12-24.
Laia, B., Sarumaha, M., Zalukhu, M. C., Ndruru, M., Telaumbanua, T., Ndraha, L. D. M., & Harefa, D. (2021). PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 159-168.
Laia, Y., Sarumaha, M. S., & Laia, B. (2022). BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 3 SUSUA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 1-12.
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022). PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS SELATAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162-168.
Laia, B., Lase, Y. S., Moho, S. M., Hulu, Y., & Laia, Y. (2022). Motivasi Anak Desa: The True Story of Life. CV Jejak (Jejak Publisher).
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Ndruru, H., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMA NEGERI 1 ARAMO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 31-39.