BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MODEL PJBL(Project Base Learning) BERBASIS POHON KARIER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIER SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 4 PALANGKA RAYA
Mahasiswa FKIP, Universitas Palangkaraya; Dosen FKIP, Universitas Palangkaraya
Abstract
Pemahaman karier adalah siswa dapat memahami dan menelaah tentang potensi yang dimiliki yang sesuai dengan karier yang akan di tempuh di perguruan tinggi agar terhindar dari dampak buruk kurangnya pemahaman akan karier.Siswa kurang memahami tentang definisi perguruan tinggi, alur masuk perguruan tinggi dan jurusan/program studi yang ada di perguruan tinggiJenis penelitian ini adalah eksperimerntal dengan desain “one group pretest-posttest design “. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X IPS 1 SMAN 4 Palangka Raya yang berjumlah 32 siswa dengan teknik sampling menggunakan sampling quota. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket dengan menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttes). Data dianalisis dengan menggunakan Uji paired-sampel t-test menggunakan SPSS 25 for windows. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai t hitung 24.002 > t tabel 1,697 dengan menggunakan uji Paired-sampel T-test. Maka hipotesis Ho ditolah dan Ha diterima. Juga dapat di buktikan dengan adanya peningkatan pemahaman karier siswa melalui pemberian angket Pre-test dan Post-tes. Kelompok kategori yang awalnya “rendah” (15,62) meningkat menjadi kategori “tinggi” (41,81). Hal ini menunjukkan bahwa “layanan bimbingan klasikal dengan model PJBL(project base learning) berbasis pohon karier efektif untuk meningkatkan pemahaman karier siswa Kelas X IPS SMA Negeri 4 Palangka Raya
References
Amti, P. dan E. (2017). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling.
Andriani, M. W. (2019). Pengaruh layanan informasi menggunakan papan bimbingan terhadap pemahaman karir siswa sekolah dasar. 68–77.
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar.
Aslami, A. D., Khb, M. A., & H, D. E. (2019). KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. 2(3), 363–370.
Asmuni. (2020). Jurnal Paedagogy : Jurnal Paedagogy : IkanJurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendid, 7(4), 281–288.
Dr. Fenti Hikmawati, M. s. (2016). Bimbingan dan Konseling. Fatimah, D. N. (2017). . Masa remaja berlangsung antara umur 12 tahun sampai dengan 21 tahun bagi wanita dan 13 tahun sampai dengan 22 tahun. 14(1), 25–37.
H. Wirda, Mamesah.M, A. R. . (2018). Pengaruh Bimbingan Klasikal Dengan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa ( Studi Eksperimen Siswa Kelas XII Audio Video 2 SMKN 5 Jakarta ). 56–71.
Hartono, H., & Musdalifah, A. (2019). Layanan Klasikal Bimbingan Karier dengan Media PPT Berbasis Object Superiority Effect untuk meningkatkan Pemahaman Diri dan Pemahaman Karier Siswa SMA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(1), 1.
Hartono M.Si, D. (2018). Bimbingan Karier. In M. S. Dr. Hartono (Ed.), Bimbingan Karier (2nd ed.). Haryanto, Marti, S., & Theodora, B. D. (2018). Perencanaan Karier Siswa Sma : Studi Konseptual. 429–434.
Hikmah, Iskandar, A., & Arofah, L. (2021). Pohon Karier Sebuah Inovasi Media BK Pohon Karir Dalam Meningkatkan Kematangan Karier Siswa Di MTs Darul. 695–707.
Karyanti, K., Palangkaraya, U. M., Setiawan, M. A., & Palangkaraya, U. M. (2019). Bimbingan klasikal (Issue August).
Kholilah, V. L. D. (2019). JUANG: Jurnal Wahana Konseling ( VOL. 2, No.2, September 2019). Jurnal Wahana Konseling, 2(2), 72–80.
Malisa. (2020). Perilaku Imitasi Melaksanakan Ibadah Shalat Pada Anak Yang Gemar Menonton Tayangan Nussa Official.
Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154. Maulida, N., Anra, H., & Pratiwi, H. S. (2018). Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN). Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JustIN), 6(1), 26. https://doi.org/10.26418/justin.v6i1.23726
Murniarti, E. (2017). Penerapan Metode Project Based Learning. Journal of Education, 3(2), 369–380.
Novitasari, P. (2013). Layanan Informasi Karier Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Bumiayu Tahun.
Nuranisa, N., Konseling, B., & Pendidikan, F. I. (2018). STUDI IMPLEMENTASI STRRATEGI BIMBINGAN KLASIKAL DI SMP NEGERI 13 SURABAYA. 380–387.
Prabow, L. H. (2022). Jurnal Pendidikan. 03(01), 1–6.
Pujaastawa, I. B. G. (2016). Teknik wawancara dan observasi untuk pengumpulan bahan informasi. Universitas Udayana, 4.
Ramadhani, Y. dan, & Nurmina. (2020). PENDIDIKAN KE UNIVERSITAS. 1–12.
Retnowati, T., Disdikbud, P., Kalimantan, P., & Klasikal, B. (2018). Volume XI, Nomor 2, Desember 2017. XII, 91–107.
Ria Kumara, A., & Lutfiyani, V. (2019). Strategi Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Dalam Perencanaan Karir Siswa Smp. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 1–12.
Richma Hidayati. (2015). Layanan Informasi Karir Membantu Peserta Didik Dalam Meningkatkan Pemahaman Karir. Jurnal Konseling. GUSJIGANG (FKIP Universitas Muria Kudus,2015), h.3, Vol. 1(1), 6. karir-membantu-peserta.pdf
Saepudin, A. (2022). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 (studi PTK pada pelajaran biologi materi pertumbuhan dan perkembangan). Jurnal Education and Development, 10(1), 257–262.
Sinaga, Ikke Nurjanah, N. S. (2022). Persepsi Siswa Kelas IX Dalam Merencanakan Karier Dengan Bantuan Media Pohon Karier. UPT Publikasi Dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmansin, 8, 48–54.
Solihatun, D. A. (2014). Efektivitas Teknik Modeling Dalam Meningkatkan Kematangan Karir Peserta Didik. Jurnal Ilmu Kependidikan, I(3), 1–16.
Sudrajat, A., & Hernawati, E. (2020). Modul Model-Model Pembelajaran. 1–58.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif,Kualitatif dan R&D.
Suwono, H., Malang, U. N., & Soemawinata, M. N. (2017). Science , Technology , Engineering and Mathematics Project Based Learning ( STEM-PjBL ) pada Pembelajaran Sains. 2, 432–436.
Tampasera. (2019). Pengaruh layan.
Wahyu, R. (2017). Implementasi Model Project Based Learning ( PJBL ) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013. 2009.
Wibowo, D. H., Cintariani, N. N., Vestalia, D., Maulidina, Z. T., Wau, I. P. M., & Febrianingrum, D. W. (2021). Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Kelas Ix Melalui Bimbingan Klasikal. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 428–437.
Yeni Muslihatul. (2013). Meningkatkan Pemahaman Karer Siswa dengan Pemberian Layanan Informasi Karier di Kelas XI IS-4 SMA Negeri 13 Surabaya (Suatu Penelitian Tindakan Dalam Bimbingan dan Konseling). Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling Universitas Negeri Semarang, 01(01).