EFFECTIVENESS OF CONTENT CONTROL SERVICES TO MINIMIZE ACADEMIC PROCRASTINATION OF CLASS XI IPS SMA NEGERI 1 TELUKDALAM ACADEMIC YEAR 2022/2023
Guru BK SMA Negeri 1 Lahusa Kecamatan Lahusa
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang cenderung melakukan penundaan tugas (prokrastinasi) yang diberikan oleh Bapak/ibu guru sehingga berdampak negatif pada hasil belajar siswa. Serta kurang efektifnya pelaksanaan layanan bimbingan konseling khususnya pelaksanaan layanan penguasan konten yang diberikankepada siswa. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk; 1) mendeskripsikan tingkat prokrastinasi akademik siswa sebelum diberikan layanan penguasaan konten; 2) mendeskripsikan tingkat prokrastinasi akademik siswa setelah diberikan layanan penguasaan konten; 3) menguji keefektifan layanan penguasaan konten untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre-Eksperimental Design yaitu the one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan tepatnya di kelas XI IPS SMA Negeri 1 telukdalam dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) tingkat prokrastinasi akademik siswa sebelum pemberian layanan penguasaan konten berada pada kategori tinggi dengan rata-rata skor 97,7 dan persentase 69,8%; 2) tingkat prokrastinasi akademik siswa setelah diberikan layanan penguasaan konten berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor 66,3 dan persentase 47,3%; dan 3) berdasarkan hasil perhitungan, Zhitung = 5,160, N = 35 dan a = 0,05. (5,160>0,05) artinya H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten efektif terhadap masalah prokrastinasi akademik siswa dibandingkan dengan sebelum diberikan perlakuan. Saran: 1) diharapkan kepada siswa untuk memiliki kemampuan untuk meminimalisir prokrastinasi akademik siswa 2) bagi guru BK hendaknya melaksanakan layanan bimbingan konseling dengan baik dan optimal, sehingga memperhatikan masalah siswa terutama masalah belajar dan 3) kepala sekolah hendaknya mengimplementasikan kurikulum belajar merdeka agar kegiatan pelayanan BK tercapai sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
References
Prayitno, 2017. Konseling Profesional Yang Berhasil. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sinulingga, Sukaria.2012. Metode Penelitian. Medan: USU Press.
Muh Triyono. 2018. Efikasi Diri dan Regulasi Emosi dalam Megatasi Prokrastinasi Akademik. CV Sindunata.
Tim 2021. Panduan Penulisan Skripsi (PPS). Telukdalam: Universitas Nias Raya.
Sumber dari Internet
Bu’ulolo, P., & Laia, B. (2022). HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 4 FANAYAMA. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(2), 25-38.
Bu'ulolo, S., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENCEGAH BULLYING DI SMA NEGERI 1 AMANDRAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 53-62.
Damri, Engkizar, Anwar Fuady. (2016). Hubungan self-efficacy dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan Siswa diakses pada tanggal 27 Januari 2022 http://jurnal-bk.org/article.
Gaho, J., Telaumbanua, K., & Laia, B. (2022). EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 1(1), 38-46.
Gori, Y., Fau, S., & Laia, B. (2023). PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 2 TOMA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 123-133.
Gulo, D., & Laia, B. (2023). PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP PERENCANAAN KARIER SISWA DI SMK NEGERI 1 TELUKDALAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 88-98.
Harefa, D., Fau, S. H., Sarumaha, M., Tafonao, A., Waruwu, Y., Ndraha, L. D. M., ... & Laia, A. (2022). SOSIALISASI PENGENALANKEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU (PPKMB) YAYASAN PENDIDIKAN NIAS SELATAN TAHUN 2021. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 21-27.
Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 40-52.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Laia, B. (2022). SOSIALISASI DAMPAK KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA DI DESA (STUDI: DESA SIROFI). Haga: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 74-84.
Laia, B., & Daeli, B. (2022). Hubungan Kematangan Emosional dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Faomasi Kecamatan Lahomi Kabupaten Nias Barat. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(2), 12-24.
Laia, B., Sarumaha, M., Zalukhu, M. C., Ndruru, M., Telaumbanua, T., Ndraha, L. D. M., & Harefa, D. (2021). PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 159-168.
Laia, Y., Sarumaha, M. S., & Laia, B. (2022). BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 3 SUSUA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 1-12.
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022). PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS SELATAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162-168.
Ndruru, H., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMA NEGERI 1 ARAMO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 31-39.