HUBUNGAN KONDISI LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 ONOLALU
Guru SMP Negeri 1 Onolalu, Nias Selatan; Dosen Universitas Nias Raya
Abstract
Mencapai keberhasilan belajar atau efektifitas pembelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor, di antaranya adalah suasana lingkungan belajar. Kondisi lingkungan belajar yang kondusif dan efisien dapat mendukung keberlangsungan proses pembelajaran yang dapat membuat siswa fokus terhadap proses pembelajaran berlangsung.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kondisi lingkungan sekolah dengan aktivitas belajar siswa kelas.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Populasipenelitian adalah seluruh SMP Negeri 1 Onolalu dan sampel penelitian kelas VIII. Hasil penelitian diperoleh terdapat hubungan antara kondisi lingkungan sekolah dengan aktivitas belajar siswasebesar0,922 dan termasuk pada kategori sangat tinggi.Kesimpulanpenelitianadalah lingkungan sekolah yang nyaman dan memiliki kondisi fisik yang baik membuat siswa lebih semangat dalam belajar serta sekolah yang memiliki fasilitas belajar meningkatkan aktivitas belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian dan analisa yang diperoleh, maka penulis mengajukan beberapa saran, yaitu sebagai berikut:Sekolah hendaknya lebih memperhatikan lingkungan baik keamanan, kebersihan, dan lebih meningkatkan penyediaan fasilitas belajar. Guru hendaknya, senantiasa meningkatkan semangat belajar siswa dengan meningkatkan metode dan menciptakan suasana kelas agar para siswa tidak bosan dalam mengikuti proses pembelajaran.
References
Amri, Sofyan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi PendidikanEdisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Yrama Widya.
Djamrah dan Zain. 2006.Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jambi: Gaung Persada.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Laia, B., Telaumbanua, E. P., Tafonao, Y., Gulo, T., & Hulus, F. A. (2022). Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. CV Jejak (Jejak Publisher).
Laia, B., Lase, Y. S., Moho, S. M., Hulu, Y., & Laia, Y. (2022). Motivasi Anak Desa: The True Story of Life. CV Jejak (Jejak Publisher).
Mulyasa. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: PT. Kencana Prenada Media Grup.
Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaranuntuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: PT. Alfabeta.
Sardiman A.M, 2010, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Subana dan Sudrajat. 2000. Statistik Pendidikan. PT. Pustaka Setia.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. PT. Alfabeta
Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.
Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. PT. Bumi Aksara.
Syah, Muhibbin 2010.Psiklogi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Sumber dari Internet
Aliwanto. 2015.Analisis AktivitasBelajar Siswa. JurnalKonseling GUSJIGANGVol.3No.1 PrintISSBN 2460-1187,OnlineISSBN2503-281X. Hal 64-71. (didownload bulan Mei 2016).
Bu'ulolo, S., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENCEGAH BULLYING DI SMA NEGERI 1 AMANDRAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 53-62.
Harefa, D., Fau, S. H., Sarumaha, M., Tafonao, A., Waruwu, Y., Ndraha, L. D. M., ... & Laia, A. (2022). SOSIALISASI PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU (PPKMB) YAYASAN PENDIDIKAN NIAS SELATAN TAHUN 2021. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 21-27.
Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 40-52.
Kristianawati, Eli dan Djalali M. As’ad. 2014. Hubungan Antara Kematangan Emosi dan Percaya Diri Dengan Penyesuaian Sosial. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia September 2014, Vol. 3, No. 03, (http://jurnal.untag-sby.ac.id/index/php/persona/article/viewFile/414/378, diakses 27 Februari 2017). Hal 247-352
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2019). Improving the Students’ Ability in Speaking by Using Debate Technique at the Tenth Grade of SMK Negeri 1 Aramo. Scope: Journal of English Language Teaching, 4(1), 1-9.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Laia, B., Sarumaha, M., Zalukhu, M. C., Ndruru, M., Telaumbanua, T., Ndraha, L. D. M., & Harefa, D. (2021). PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 159-168.
Laia, Y., Sarumaha, M. S., & Laia, B. (2022). BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 3 SUSUA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 1-12.
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022). PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS SELATAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162-168.
Laia, B. (2022). SOSIALISASI DAMPAK KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA DI DESA (STUDI: DESA SIROFI). Haga: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 74-84.
Masrulin, Aan Dian. 2015. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015. FKIP- Bimbingan dan Konseling Artikel Universitas Nusantara PGRI Kediri. simki.unpkediri.ac.id. diakses 27 Februari 2017). Hal 1-10.
Ndruru, H., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMA NEGERI 1 ARAMO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 31-39.
Sarumaha, M., Laia, B., Harefa, D., Ndraha, L. D. M., Lase, I. P. S., Telaumbanua, T., ... & Novialdi, A. (2022). Bokashi Sus Scrofa Fertilizer on Sweet Corn Plant Growth. Haga: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32-50.
Shafira Firda. 2015. Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Perantau. Jurnal Psikologia, (Online), Vol 8 No.1, (http://eprints.ums.ac.id/37380/1/02.%20Naskah%Publikasi.pdf diakses 27 Februari 2017). Hal 1-9.
Zai, E. P., Duha, M. M., Gee, E., & Laia, B. (2022). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 ULUGAWO. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 13-23.
Ziraluo, M., Fau, H. S., Simanullang, N. R., Laia, B., & Gaurifa, D. (2022). FILOSOFI DAN MAKNA OMO SEBUA (RUMAH ADAT BESAR) DI DESA BAWOMATALUO KECAMATAN FANAYAMA KABUPATEN NIAS SELATAN. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 72-87.
Nulhakim, Lukman dan Maulida, Nurul. 2015. PengaruhPemanfaatanLingkunganSekolahTerhadap Hasil BelajarSiswaSMP N 2 Cikande dalam Konsep InteraksiMakhluk Hidup dengan Lingkungannya. EDUSAINSVolume7Nomor01Tahun2015. Website:p-ISSN1979-7281 e-ISSN2443-1281. Hal 28-35.