PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENCEGAH BULLYING DI SMA NEGERI 1 AMANDRAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Saferius Bu’ulolo
  • Sri Florina L. Zagoto
  • Bestari Laia
Keywords: Peran guru BK; perilaku bullying; siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi perilaku bullying yang terjadi di SMA Negeri 1 Amandraya. Tujuan penelitian yaitu 1) Mendeskripsikan perilaku bullying. 2) Mendeskripsikan peranan guru Bimbingan dan Konseling dalam mencegah bullying siswa. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perilaku bullying secara fisik: siswa memukul temannya, mendorong temannya, mengganggu temannya yang sedang belajar, sedangkan perilaku bullying non fisik yaitu menghina dan mengejek temannya, memanggil nama temannya dengan nama orang tuanya atau sebutan lain. 2) Peran guru Bimbingan dan Konseling dalam mencegah perilaku bullying dilakukan dengan cara memberikan layanan informasi, konseling individu dan bimbingan kelompok, tindakan preventif, kuratif dan preservatif.Kesimpulan penelitian Guru Bimbingan dan Konseling dalam mencegahbullyingdengan memberikan penanaman nilai moral kebaikan bagi siswanya dan melaksanakan layanan Bimbingan dan Konseling dengan menjelaskan apa itu bullying, bagaimana perilaku bullying, dan sebab akibat yang di timbulkan oleh perilaku bullying. Saran 1) Hendaknya siswa lebih memahami dampak perilaku bullying agar sadar bahwa bullying itu perilaku yang tidak baik sehingga tidak ada lagi korban bullying di lingkungan sekolah. 2) Hendaknya Guru Bimbingan Konseling memberikan layananyang lebih bervariasi sesuai dengan permasalahan siswa khususnya menyelesaikan perilaku bullying di kalangan siswa agar tidak mengganggu proses belajar-mengajar di sekolah. 3) Hendaknya sekolah meningkatkan pemberian layanan bimbingan konseling tentang perilaku bullying, agar siswa memiliki pemahaman tentang dampak dari bullying.

References

Astuti, Ponny Retno. 2008. Meredam Bullying (Cara Efektif Mengatasi K.P.A). Jakarta: PT. Kompas Gramedia.
Hikmawati, Fenti. 2012. Bimbingan Konseling: Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan: Sebuah Orientasi Baru. Cipayung : Gaung Persada (GP) Press.
Ismaya, Bambang. 2015. Bimbingan dan Konseling: Studi, Karier, dan Keluarga. Bandung: PT. Refika Aditama.
Kurnia, Imas. 2016. Bullying. Yogyakarta: PT. Relasi Inti Media.
Prayitno dan Amti. 2008. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Priyatna, Andri. 2010. Lets End Bullying (Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Bullying). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Salahudin, Anas. 2016. Bimbingan dan Konseling. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. 2020. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif: untuk Penelitian yang Bersifat Ekploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta cv.
Sutirna. 2013.Bimbingan dan Konseling Pendidikan Formal, Non Formal, dan Informal. Yogyakarta: Andi Offset.
Tohirin. 2015. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah: Berbasis Integrasi.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wiyani, Novan Ardy. 2014.Save Our Children From School Bullying. Jogjakarta: PT. AR-RUZZ MEDIA.
Yusuf, Syamsu dan NuhrihsanA. Juntika. 2016. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yusuf, A. Muri. 2016. Metode Penelitian Kuantitataif Kualitatif& Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.

Pustaka dari Jurnal
Gaho, J., Telaumbanua, K., & Laia, B. (2022). EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 1(1), 38-46.
Ismail, Taufiq. 2019. PentingnyaPeranGuruKelas dalamMengatasi PerilakuBullying Siswa diSekolah. Jurnal Prosiding Seminar Nasional PGSD. (Online) Vol 1 No 1. (https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4761. diakses bulan Mei 2021)
Laia, B., Sarumaha, M., Zalukhu, M. C., Ndruru, M., Telaumbanua, T., Ndraha, L. D. M., & Harefa, D. (2021). PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 159-168.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022). PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS SELATAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162-168.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Ningrum, Anindita Widya. 2007. Studi Tentang Perilaku Bullying di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto Serta Penanganan Oleh Guru BK. Jurnal Skripsi. (Online) Vol 6 No 1. (https://media.neliti.com/media/publications/251886-studi-tentang-perilaku-bullying-di-sekol-6f85e973.pdf. diakses bulan Mei 2021).
Yandri, Hengki. 2014. Peran Guru BK/konselor dalam Pencegahan Tindakan Bullying di Sekolah. Jurnal Pelangi. (Online) Vol.7 No.1. (http://ejournal.stkip-pgri-Sumbar.ac.id/index.php/pelangi/article/view/155/153. diakses bulan Mei 2021).
Yenes, Ilfajri. 2016. PerilakuBullyingdan PerananGuruBK/Konselor dalamPengentasannya (StudiDeskriptifterhadap SiswaSMPNegeri 3LubukBasung). Jurnal Pendidikan.(Online) Volume5| Number2. (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor. diakses bulan Mei 2021)
Published
2022-03-25