PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMA NEGERI 1 ARAMO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Herman Ndruru
  • Sri Florina L. Zagoto
  • Bestari Laia
Keywords: Peran guru BK; prokrastinasi akademik; siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi penundaan tugas yang dilakukan siswa SMA Negeri 1 Aramo.Tujuan penelitian yaitu 1) Mendeskripsikan prokrastinasi akademik siswa. 2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa. 3) Mendeskripsikan peran guru bimbingan dan konseling terhadap prokrastinasi akademik siswa.Jenis penelitian yang digunakan penelitian kualitatif pendekatan deskriptif.Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.Informan penelitian adalah kepala sekolah, guru Bimbingan dan Konseling, wali kelas, guru mata pelajaran, dan siswa.Hasil penelitian, 1) Bentuk prokrastinasi akademik siswa, terlambat mengumpulkan tugas, menunda untuk memulai mengerjakan tugas, dan menunda waktu belajar. 2) Faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa adalah faktor internal yaitu malas, kebosanan terhadap tugas, tidak dapat mengelola waktu belajar dan faktor eksternal yaitu faktor orang tua siswa yang kurang memperhatikan kegiatan belajar di rumah, sarana dan prasarana belajar, dan pengaruh teman sebaya 3) Peran guru Bimbingan dan Konseling terhadap prokrastinasi akademik, melaksanakan layanan Bimbingan dan Konseling dengan memberikan pemahaman dan pencegahan untuk tidak menunda-nunda tugas belajarnya dengan menyelesaikan masalah siswa untuk menghindari penumpukan masalah-masalah siswa. Kesimpulan penelitian, peran guru Bimbingan dan Konseling terhadap prokrastinasi akademik melaksanakan program layanan sesuai dengan fungsi Bimbingan dan Konseling.Saran 1) Bagisiswa, hendaknya mengerjakan tugas tepat pada waktunya dan tidak menghindari tugas yang sulit.2) Bagi orangtua siswa, hendaknyalebih memperhatikan anaknya di rumah, mengawasi dan mendampingi anak di rumah untuk selalu belajar, serta menyediakan segala kebutuhan siswa dalam belajar. 3) Bagi guru Bimbingan dan Konseling, hendaknya memberikan layanan Bimbingan dan Konseling dengan topik prokrastinasi akademik siswa, dan faktor yang mempengaruhinya.

References

Daryanto dan FaridMuhammad. 2015. Bimbingan Konseling: Panduan Guru BK dan Guru Umum. Yogyakarta: Gava Media.
Ghufron, M Nur dan Risnawita S, Rini. 2012. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: PT. AR-RUZZMedia.

Hidayah Nur dan AtmokoAdi. 2014.Landasan Sosial Budaya dan Psikologis Pendidikan: Terpannya di Kelas. Malang: PT. Gunung Samudra.
Ismaya, Bambang. 2015. Bimbingan dan Konseling: Studi, Karier, dan Keluarga. Bandung: PT. Refika Aditama.
Muhid Abdul. 2019.Analisis Statistik 5 Langkah Praktis Analisis Statistik dengan SPSS for Windows. Sidoarjo: PT. Zifatama Jawara.
Ni’matuzahroh. 2019.Aplikasi Psikologi di Sekolah. Malang: PT. UMM Press.
Nuhrihsan, Achmad. Juntika. 2014. Bimbingan dan Konseling: dalam Berbagai Latar Belakang Kehidupan. Bandung: PT. Ricika Aditama.
Nurmala, Ira. 2020.Mewujudkan Remaja Sehat Fisik, Mental, dan Sosial: (Model Intervensi Health Educator for Youth). Surabaya: PT. Airlangga Universitas Press.
Prayitno.2001. Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. 2020. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif: untuk Penelitian yang Bersifat Ekploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta cv.
Sukardi, Dewa Ketut dan Kusmawati Desak P.E. Nila. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah: untuk Memperoleh Angka Kredit. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sutirna. 2013. Bimbingan dan Konseling Pendidikan Formal, Nonformal, dan Informal. Yogyakarta: Andi Offset.
Tohirin. 2013. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi).Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan dan Konseling (Studi&Karier). Yogyakarta: PT. ANDI.
Wahyuni Catur Hana, Sulistiyowati Wiwik, dan Khamin Muhammad. 2019. Pengendalian Kualitas Aplikasi pada Industri Jasa dan Manufaktur dengan Lean, Six Sigma dan Servqual. Yogyakarta: PT. Graha Ilmu.
Yusuf, Syamsu dan Nurihsan A. Juntika. 2016. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yusuf, A. Muri. 2016. Metode Penelitian Kuantitataif Kualitatif& Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.

Pustaka dari Jurnal
Gaho, J., Telaumbanua, K., & Laia, B. (2022). EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 1(1), 38-46.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Muyana Siti. 2018. ProkrastinasiAkademikDi kalangan MahasiswaProgramStudiBimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan dan Konseling. (Online) Vol 8 No 1.http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JBK/article/view/1868. (diakses bulan Mei 2021).
Nafeesa. 2018. Faktor-FaktoryangMemengaruhiProkrastinasi Akademik Siswa yangMenjadiAnggotaOrganisasiSiswaIntraSekolah. JurnalAntropolog Sosial dan Budaya.(Online) Vol 4 No 1 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/antrophos/article/view/9884/9183.(diakses bulan Mei 2021).
Putro Hijrah Eko dan DYP Sugiharto. 2016. Model KonselingKelompokTeknik Self Regulated Learning untukMengurangi ProkrastinasiAkademikSiswa. Jurnal BimbinganKonseling. (Online) Vol 5 No 1.https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/18506. (diakses bulan Mei 2021).
Published
2022-03-25