PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Yustinus Hulu
Keywords: Komunikasi Interpersonal; Penyesuaian Diri Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lahusa Tahun Pembelajaran 2020/2021. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah: (1) Bahwa komunikasi interpersonal siswa kelas X sekolah menengah atas termasuk kategori sedang, (2) Gambaran umum penyesuian diri siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lahusa termasuk kedalam kategori sedang, (3) komunikasi interpersonal dengan penyesuaian diri siswa memiliki derajat hubungan yang sangat kuat. maka dapat disimpulkan Koefisien korelasi tersebut bernilai positif, artinya komunikasi interpersonal memiliki hubungan yang signifikan terhadap penyesuaian diri siswa. Adapun saran pada penelitian ini, bagi siswa, disarankan perlu melakukan penyesuaian diri terhadap lingkungan, supaya rasa takut, rendah diri, membolos dapat teratasi dengan baik dan dapat meningkatkan       kemampuan siswa dalam berkomunikasi    terhadap sesama.

References

Ali Mohammad, Asrori Mohammad. 2011. Psikologi Pembelajaran Perkembangan Peserta Didik. Penerbit: Bumi Aksara.
Asrori 2012.Psikologi Pembelajaran. CV. Wacana Prima.
Asrori Mohammad. 2011. Psikologi Pembelajaran Perkembangan Peserta Didik. Penerbit: Bumi Aksara.
Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta PT Rineka Cipta.
2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Harapan Edi, Syarwani Ahmad. 2014. Komunikasi Antarpribadi Perilaku Insani dalam Diri Pendidikan.PT. Rajagrafindo Persada.
Rahmi, Siti. 2021. Komunikasi Interpersonal dan Hubungannya dalam Konseling.Cetakan I. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press
Sule Trisnawati, Saefulla Kurniawan. 2010. Pengantar Manajemen. Kencana Media Group.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R D dan D.Bandung: Alfabeta.
. 2016.Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
____. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Cetakan I. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suranto AW. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sunarto, Agung Hartono. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Penerbit: Rineka Cipta.
Sumber adari Jurnal
Chotimah Chusnul. 2018. Pengaruh Komunikasi Interpersonal Antar Siswa Terhadap Penyesuaian Diri Sistem Pembelajaran Tahun Pertama SMA Negeri 4 Kota Pegalongan. Jurnal Empati, Vol 7, No. 4.
Gaho, J., Telaumbanua, K., & Laia, B. (2022). EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 1(1), 38-46.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022). PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS SELATAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162-168.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Nurjana Dini. 2017. Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X SMA Pawyatan Daha Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, Simki-Pedjajogja Vol, 01 No. 02.
Published
2022-03-25