HUBUNGAN PENDEKATAN EDUKATIF DENGAN PERILAKU BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MAZINO TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang melibatkan diri secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, kurang antusias dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, siswa kurang berani mengutarakan pendapat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pendekatan edukatif dengan perilaku belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mazino Tahun Pembelajaran 2015/2016. Metode penelitian asosiatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII sebanyak 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan antara variabel X (pendekatan edukatif) dan variabel Y (perilaku belajar siswa) kelas VIII SMP Negeri 1 Mazino Tahun Pelajaran 2015/2016 di atas, diperoleh hasil korelasi pada taraf signifikan 95% dengan nilai rxy= 0.961. Berdasarkan hasil konsultasi diketahui bahwa 0,961 ≥ 0,423, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pendekatan edukatif dengan perilaku belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mazino Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran yang diajukan peneliti adalah (1) hendaknya guru melaksanakan pendekatan edukatif kepada siswa sehingga siswa terbiasa dalam melakukan perilaku belajar sesuai dengan nilai-nilai yang bersifat edukatif, 2) hendaknya guru memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa guna meningkatkan perilaku belajar sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat pula dan 3) hendaknya siswa dapat mengembangkan perilaku belajar yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan hasil belajar menjadi lebih maksimal.
References
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Budiningsih, C. Asri. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.
dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah, Ali. 2013. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.
Irianto, H. Agus. 2009. Statistik: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Lubis, Effi Aswita. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Medan: Perdana Publishing.
Sadiman, dkk. 2010. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran: untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
. 2013. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara, 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. 2016. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodiah. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Uno, Hamzah B. 2014. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Sumber dari Dokumen
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Sumber dari Internet
Laia, B., Sarumaha, M., Zalukhu, M. C., Ndruru, M., Telaumbanua, T., Ndraha, L. D. M., & Harefa, D. (2021). PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 159-168.
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2019). Improving the Students’ Ability in Speaking by Using Debate Technique at the Tenth Grade of SMK Negeri 1 Aramo. Scope: Journal of English Language Teaching, 4(1), 1-9.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022). PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS SELATAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162-168.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Gaho, J., Telaumbanua, K., & Laia, B. (2022). EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 1(1), 38-46