PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM BAKAT AKADEMIK MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP SWASTA KRISTEN BNKP TELUKDALAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Aprianis Zagoto
Keywords: Guru bimbingan dan konseling; bakat akademik matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah bakat akademik khususnya pada mata pelajaran matematika, karena banyak siswa yang tidak mencapai ketuntasan minimal pada mata pelajaran matematika. Subfokus penelitian 1) Kinerja guru BK di SMP Swasta Kristen BNKP Telukdalam. 2) Bakat akademik mata pelajaran matematika siswa kelas IX.Jenis penelitian yang digunakan penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kinerja guru Bimbingan dan Konseling tergolong baik, di mana guru Bimbingan dan Konseling melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai fungsi layanan Bimbingan dan Konseling. 2) Siswa kelas IX memiliki bakat akademik matematika, di mana siswa berusaha menyelesaikan soal yang sulit dengan bertanya kepada guru mata pelajaran matematika, bertanya kepada guru Bimbingan dan Konseling, dan mencari sumber-sumber referensi di internet yang memiliki soal matematika yang sama.Kesimpulan penelitian peran guru Bimbingan dan Konseling dalam mengembangkan bakat akademik matematika siswa dengan memberikan pengetahuan tentang bakat, guru memberikan wawasan pengetahuan mengenai bakat yang dimiliki, hal tersebut dapat lebih membuka pandangan peserta didik mengenai bakatnya dengan lebih luas.Saran, hendaknya kepala sekolah menetapkan atau menambah kegiatan-kegiatan pengembangan bakat akademik matematika siswa, dan menyediakan fasilitas ruang Bimbingan dan Konseling yang mendukung kegiatan layanan Bimbingan dan Konseling dalam mengembangkan bakat akademik matematika siswa. Hendaknya siswa memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan guru bimbingan dan konseling, dikarenakan melalui layanan ini siswa akan memperoleh pemahaman sikap, kebiasaan, kekuatan diri dan kelemahan, bakat akademik matematika serta penyalurannya.

References

Daryanto dan Mohammad Farid. 2015. Bimbingan Konseling: Panduan Guru BK dan Guru Umum. Yoyakarta: Gava Media.
Djamarah, Syaiful. Bahri. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan: Sebuah Orientasi Baru. Cipayung : Gaung Persada (GP) Press.
Ismaya, Bambang. 2015. Bimbingan dan Konseling: Studi, Karier, dan Keluarga. Bandung: PT. Refika Aditama.
Munandar, Utami. 2009.Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nuhrihsan, Achmad. Juntika. 2010. Bimbingan dan Konseling: dalam Berbagai Latar Belakang Kehidupan. Bandung: PT. Ricika Aditama.
Salahudin, Anas. 2016. Bimbingan dan Konseling. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sobur, Alex. 2011.Psikologi Umum. Bandung: PT. Pustaka Setia.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sulistyarini dan Jauhar. 2014. Dasar-dasar Konseling: Panduan Lengkap Memahami Prinsip-prinsip Pelaksanaan Konseling. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Sutirna. 2013. Bimbingan dan Konseling Pendidikan Formal, Nonformal, dan Informal. Yogyakarta: PT. Andi Offset.
Tohirin. 2015. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Yusuf, A.Muri. 2016. Metode Penelitian: Kuantitataif, Kualitatif,& Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.
Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan dan Konseling (Studi&Karier). Yogyakarta: PT. ANDI
Pustaka dari Internet
Churnia Elfi, Ifdil, dan Erwinda Lira. 2017. The Responsibility Of Counselor and Educator In Millenium Era Proceeding International Counseling and Education Seminar ICES 2017. ISBN: 978-602-73537-7-0. http://bk.fip.unp.ac.id/ices2017pp:292-299. Hal 290-297.
Kurniawan Agung Rimba. 2015. Peran Guru dalam MengembangkanBakatSiswadi SekolahDasarNegeri34/I Teratai. Jurnal PGSD, p-ISSN1693-8577 e-ISSN2599-0691, Vol 12(2). Hal 166-173.
Laia, B., Sarumaha, M., Zalukhu, M. C., Ndruru, M., Telaumbanua, T., Ndraha, L. D. M., & Harefa, D. (2021). PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 159-168.
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2019). Improving the Students’ Ability in Speaking by Using Debate Technique at the Tenth Grade of SMK Negeri 1 Aramo. Scope: Journal of English Language Teaching, 4(1), 1-9.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022). PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS SELATAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162-168.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Gaho, J., Telaumbanua, K., & Laia, B. (2022). EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 1(1), 38-46
Susilawati, Rahmi. 2016. AnalisisPengembanganBakat KhususPada SiswaKelasXMadrasahAliyahNegeri2 Pontianak. Jurnal Vol, 28, No. 2. 2016. Winter 2000. Hal 1-8.
Wahyuni, S. Arum dan Falah, Nailul.2015. Peran Guru Bimbingan dan Konselingdalam Mengembangkan Minat dan Bakat ProgramPilihan Studi KeterampilanPeserta Didik MAN 1Magelang.JurnalHisbah, Vol. 12,No.2, Desember2015. Hal 21-35.
Pustaka dari Artikel Berupa Jurnal
Wahab, Rochmat. 2018. Mengenal Anak Berbakaat Akademik dan Upaya Mengidentifikasinya. Artikel, Online http://staffnew.uny.ac.id/upload/131405893/lainlain/mengenal-anak berbakat-akademik-dan-mengidentifikasikannya.pdf
Published
2021-09-27