PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP MASALAH BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TOMA TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode problem solving terhadap masalah belajar siswa.Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode pendekatan deskriptif.Sumber data adalah dari siswa kelas VIII, dengan populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 22 siswa.Teknik pengumpulan data adalah instrument penelitian atau angket.Metode analisis data yang digunakan adalah analisi korelasi.Hasil penelitian ini adalah metode problem solving adanya signifikan (Ha: diterima) terhadap masalah belajar siswa.Kesimpulan pada penelitian yaitu (1) Ada pengaruh metode problem solving terhadap masalah belajar siswa, karena berdasarkan nilai hasil uji t 2.720>t tabel 1.725. (2) Ada korelasi antara metode problem solving dengan masalah belajar siswa, karena berdasarkan hasil uji korelasi rxy 0,456 dikategorikan nilai cukup tinggi.
References
Jakarta: Granada Pustaka Utama.
Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
______2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dewi, dkk. 2021. Strategi dan Pendekatan Pembelajaran di Era Milenial. Penerbit: Edu Publisher.
Hamdani. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.
Hamzah, Ali. 2013. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali.
Hamalik Oemar. 2012. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Bandung: Bumi Aksara.
Hariyanto, Musafar. 2020. Pengajaran Remedial dalam Pendidikan Jasmani. Penerbit: Lambung Mangkurat University Press.Banjarmasin.
Majid, Abdul. 2015. Strategi Bembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Rahmadani Herlambang. 2020. Bimbingan dan Konseling di SD Pendamping Siswa Meraih Mimpi. Penerbit: CV. Budi Utama. Yogyakarta.
Rahmadani, dkk. 2020. Metode dan Teknik Pembelajaran Inovatif. Penerbit: Yayasan Kita Menulis.
Setyaputri Yuniar. 2021. Bimbingan dan Konseling Belajar. Penerbit: Media Sains Indonesia. Kota Bandung.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D.Bandung:Alfabeta.
______2017.Statistika Untuk Penelitian. PenerbitAlfabeta, Bandung
Sunardi, Abdurrahman. 2003. Pendidikan Anak Kesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Soyubroto B. Su. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Yusuf Munawir.2003. Pendidikan Bagi Anak dengan Problema Belajar. Solo: Tiga Serangkai.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Bab 1 Ayat 1 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Online), (diakses 14 April 2018).
Sumber dari Jurnal/Artikel/Skripsi
Hasyim. 2004. Metode Pemecahan Masalah Menurut Untuk MengembangkanKemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Di Sekolah MenengahPertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2, No.1 , 53 - 61.
Hermansyah. 2015. Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving Pada Mata
Pelajaran Matematika Materi Pecahan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III DiMadrasah Ibtidaiyah Muhajirin Palembang. Vol 1, No.2
Laia, B., Sarumaha, M., Zalukhu, M. C., Ndruru, M., Telaumbanua, T., Ndraha, L. D. M., & Harefa, D. (2021). PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 159-168.
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2019). Improving the Students’ Ability in Speaking by Using Debate Technique at the Tenth Grade of SMK Negeri 1 Aramo. Scope: Journal of English Language Teaching, 4(1), 1-9.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022). PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS SELATAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162-168.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Gaho, J., Telaumbanua, K., & Laia, B. (2022). EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 1(1), 38-46
Suherdin, Mardalena. 2014. Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa.Jurnal Pembelajaran Siswa, Vol.3 No.1.
Polya. 2016. Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving Terhadap Hasil
Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Pecahan Pada SiswaKelas IV SD Negeri Logok 1 Kabupaten Indramayu. Dipetik April 3, 2017, dariPengaruh Penerapan Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa MataPelajaran Matematika Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Logok1KabupatenIndramayu.