PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI STRES AKADEMIK SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Berneditas Milihati Laia
  • Sitasi Zagoto
  • Sri Florina L. Zagoto
Keywords: Peran guru bimbingan dan konseling; stres akademik; siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi stres Akademik siswa di Kelas VIII SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pelajaran 2021/2022.Sumber data adalah dari siswa, kepala sekolah, guru kesiswaan, guru wali kelas,dan guru BK. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan tinjauan pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display dan kesimpulan.Hasil penelitian ini bahwa guru BK melakukan tindakanya dengan memberikan pemahaman, pemeliharaan dan pengembangan kepada siswa yang mengalami stres akademik, maka suda ada perubahan terhadap setiap siswa yang mengalami stres akademik.Hal ini dapat menujukkan bahwa siswa selalu mengerjakan tugas baik tugas kelompok maupun tugas individu, nilai ujian sudah baik, tidak bosan dikelas dan tidak mengantuk dikelas.esimpulan pada penelitian ini adalah peran guru bimbingan dan konseling di kelas VIII SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran 2021/2022 bahwa sudah ada dan telah dilaksanakan dengan baik sebagai pendukungnya adalah kepala sekolah, guru wali kelas dan siswa.

References

Amrianto. 2021. Remaja dan Pendidikan. Penerbit: Guepedia.
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT RemajaRosdakarya.
Hurlock, B Elizabeth. 2008. Perkembangan Anak. Penerbit Erlangga, Yogyakarta.
Hikmawati Fenti. 2011. Bimbingan Konseling Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Kurnia Alaika M. Bagus. 2020. Psikologis Pendidikan Islam. Penerbit: Haura Utama, Benteng.
Prayitno & Amti Erman. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.
________. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.
Tanjung Rahman, dkk. 2021. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Penerbit: Yayasan Kita Menulis.
Tasalim Rian, dan Cahyani Redina. 2021. Stres Akademik dan Penanganannya.Penerbit: Guepedia Indonesia.
Yusuf, Muri. 2013. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan PenelitianGabungan. Kencana: Jakarta.

Internet/Jurnal/Skripsi
Azhar, A. 2015.Hubungan antara Stres Sekolah dan Locus of Control dengan Prokrastinasi Akademik(Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi (Online) (http://eprints.ums.ac.id/34239/14/NASKA%20PUBLIKASI.pdf). Diakses Tanggal 17 Februari 2021.
Laia, B., Sarumaha, M., Zalukhu, M. C., Ndruru, M., Telaumbanua, T., Ndraha, L. D. M., & Harefa, D. (2021). PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 159-168.
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2019). Improving the Students’ Ability in Speaking by Using Debate Technique at the Tenth Grade of SMK Negeri 1 Aramo. Scope: Journal of English Language Teaching, 4(1), 1-9.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022). PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS SELATAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162-168.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Gaho, J., Telaumbanua, K., & Laia, B. (2022). EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 1(1), 38-46
Sinaga, M. A. J. 2015. Stres Akademik antara Anak Taman Kanak-kanak yang MendapatPengajaranMembaca dan Tidak Mendapat Pengajaran Membaca (Doctoral dissertation, Program Studi PsikologiFPSI-UKSW).Skripsi (Online) (https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/9305/2/T1_802010098_Full%20text.pdf). Diakses Tanggal 17 Februari 2021.
Published
2021-09-27