EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

  • Jidarahati Gaho
  • Kaminudin Telaumbanua
  • Bestari Laia
Keywords: Layanan konseling kelompok; teknik role playing; interaksi sosial siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan layanan konseling kelompok dengan teknik role playing dalam meningkatkan interaksi siswa SMA Negeri 1 Lahusa Tahun Pelajaran 2020/2021.Jenis penelitian adalah jenis pre-eksperimen yaitu the one group pretest-posttest design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Lahusa sebanyak 27 orang.Instrumen yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian ini adalah uji hipotesis memperoleh nilai Thitung= 341>Ttabel = 103 karena Thitung>Ttabelmaka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok efektif dalam meningkatkan interaksi sosial siswa.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian:Suatu pendekatan praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Hariyanto, Eko dan Musafar, Pinton Setya.2020. Pengajaran Remedial dalam Pendidikan Jasmani. Cetakan II. Banjarmasin: Lambung Mangkurat University Press.
Herimanto dan Winarno.2011. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar.Jakarta: Bumi Aksara
Kamaruzzaman. 2016. Bimbingan Konseling. Cetakan I. Pontianak: Pustaka Rumah Aloy.
Lubis, Namora Lumongga dan Hasnida. 2016. Konseling Kelompok. Jakarta: Kencana.
Narti, Sri. 2019. Kumpulan Contoh Laporan Hasil Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Cetakan I. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Prayitno dan Amti, Erman. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Roestiyah N.K. 2012.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Setiadi, E.M, Hakam, K.A, dan Effendi, R. 2014. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta: Kencana
Shoimin, Aris. 2014. Modelpembelajaran inovativ dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media
Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono. 2012. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta

Sumber dari Jurnal/Artikel/Skripsi
Laia, B., Sarumaha, M., Zalukhu, M. C., Ndruru, M., Telaumbanua, T., Ndraha, L. D. M., & Harefa, D. (2021). PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 159-168.
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2019). Improving the Students’ Ability in Speaking by Using Debate Technique at the Tenth Grade of SMK Negeri 1 Aramo. Scope: Journal of English Language Teaching, 4(1), 1-9.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022). PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS SELATAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162-168.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Miraningsih, Wahyu, 2013. Hubungan Antara Interaksi Sosial Dan Konsep Diri Dengan Perilaku Reproduksi Sehat Pada Siswa Kelas Xi Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) Purworejo, (Skripsi), https://lib.unnes.ac.id/17318/1/1301408033.pdf, diakses 2019
Published
2021-09-27