PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

  • Muhammad Ainul Yaqin Mahasiswa IAIN Kudus
  • David Ari Setyawan IAIN Kudus
Keywords: Teacher; Islamic Counseling Guidance; Motivation to learn

Abstract

Guidance and counseling services often rely on human thinking. Guidance and counseling theories are usually built on past experiences. However, in the context of Islamic guidance and counseling, this approach is based on principles that can be found in the Al-Qur'an, the Hadith of the Prophet, as well as human thought processes and experiences. Motivation in a learning context can be increased by creating a pleasant classroom environment, maintaining positive relationships between students, and interacting with students in a friendly way. applying this research method, a qualitative literature review was carried out which discussed the concept of the role of Islamic guidance and counseling teachers in increasing student learning motivation. It was concluded that this motivation can originate from within the individual (intrinsic motivation) or through the efforts of other parties (extrinsic motivation). The role of the Islamic counseling teacher also involves understanding the dimensions and elements of student learning motivation and providing an appropriate Islamic counseling approach to overcome motivational factors in learning.

References

Aritonang, Keke T. "Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa." Jurnal pendidikan penabur 7, no. 10 (2008): 14

ASEP Nanang Yuhana, Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol. 7, No. 1, 2019, h.82

Asmani, Jamal Ma’mur. Tips Efektif Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Tidak Membosankan. Diva Press, 2016.

Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Tatema Telaumbanua, Baziduhu Laia, F. H. (2023). Relationship Student Learning Interest To The Learning Outcomes Of Natural Sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240–246. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614

Daryanto & Mohammad Farid, Bimbingan Konseling Panduan Guru BK dan Guru Umum, (Yogyakarta: Gava Media, 2015):44.

David Ari Setyawan, Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa, Jurnal Nusantara Of Research, Vol. 3, No. 2, 2016, 79-80

Eka Sari Setianingsih, dkk, Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa, Jurnal Bimbingan Konseling, Vol. 3, No. 2 (2014): 77

Emda, Amna. "Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran." Lantanida journal 5, no. 2 (2018): 176

Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.

Hasan Bastomi, “Perbandingan Sikap Empati Mahasiswa Sebagai Calon Konselor Berdasarkan Analisis Gender,” Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan, IAIN Kudus (2020): 48

Henni Syafrina Nasution & Abdillah, Bimbingan Konseling “Konsep Teori dan Aplikasinya”, (Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia, 2019): 149-150.

Jidarahati Gaho, Kaminudin Telaumbanua, Bestari Laia. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Lahusa Tahun Pembelajaran 2020/2021. Vol 1 No 2 Counseling For All: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Https://Doi.Org/10.57094/Jubikon.V1i2.348

Kaminudin Telaumbanua. (2022). Interest In Learning With Students' Learning Creativity Counseling For All: Jurnal Bimbingan Dan Konseling. Vol 2 No 2

Maya Nadia Septiani, “Pengaruh Bimbingan Dan Konseling Individu Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja”, Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling Dan Psikoterapi Islam 7, No. 2 (2019):180

MR, G. N. K. (2017). Perspektif Bimbingan Konseling dalam Pendidikan Islam. NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 1(2), 97

Ngalimun. 2014. Bimbingan Konseling di SD/MI Suatu Pendekatan Proses. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nova Erlina Dan Laeli Anisa Fitri, “Penggunaan Layanan Konseling Individu Dengan Pendekatan Behavioral Untuk Mengurangi Perilaku Membolos Peserta Didik Kelas VIII Mts Miftahul Ulum Merabung III Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus” Jurnal Bimbingan Dan Konseling 3, No. 1 (2016): 141

Oemar, Usailan, and Dadang Syaputra. "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Angkatan 2016 Pada Stie Rahmaniyah Sekayu." Jurnal Manajemen Kompeten 2, no. 1 (2019): 80

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2009, h.1

Syifa Nur Fadilah, Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur Siswa Melalui Pembiasaan, Islamic Counseling:Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, Vol. 3, No. 2 (2019): 169.

Yanti, Supri, Erlamsyah Erlamsyah, Zikra Zikra, and Zadrian Ardi. "Hubungan antara Kecemasan dalam Belajar dengan Motivasi Belajar Siswa." Konselor 2, no. 1 (2013)

Zulamri Dan M. Ahmad Juki, “Pengaruh Layanan Konseling Individual Terhadap Keterbukaan Diri (Self Dislosure) Remaja Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II B Pekalongan”, Jurnal At – Taujih Bimbingan Dan Konseling Islam 2, No. 2 (2019): 22

Published
2024-03-25