HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 2 O’O’U
Abstract
Konsep diri siswa yang masih tergolong rendah mengakibatkan kurangnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat konsep diri siswa kelas IX pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 2 O’o’u; (2) mendeskripsikan tingkat prestasi belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 2 O’o’u; (3) menguji hubungan konsep diri dengan prestasi belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 O’o’u yang terdiri dari 2 kelas (73 siswa). Sampel penelitian dengan sensus atau sampel total. Data penelitian dianalisa dengan menggunakan rumus product moment untuk menguji korelasi, uji koefisien determinasi untuk melihat besaran nilai kontribusi variabel X terhadap variabel Y, dan uji t untuk menguji hipotesis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat konsep diri siswa berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 61,75; (2) tingkat prestasi belajar siswa berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 66,30; (3) terdapat hubungan pada tingkat korelasi cukup antara konsep diri siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris; (4) kontribusi konsep diri terhadap prestasi belajar siswa sebesar 38,44%. Maka dapat disimpulkan bahwa konsep diri merupakan salah satu faktor yang memegang peranan penting dalam pencapaian prestasi belajar yang lebih baik. Saran yang ditawarkan peneliti, hendaknya siswa dapat memupuk karakteristik yang tercakup dalam konsep diri karena mampu mempengaruhi sikap dan tindakan dalam belajar untuk pencapaian prestasi yang lebih baik.
References
Amajihono, S. (2022). KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS X IIS-A SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arisman Telaumbanua. (2023). ANALISIS UNSUR KOHESI DAN KOHERENSI DALAM KARANGAN EKSPOSISI YANG DITULIS OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 MAZOT.A2021/2022. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 44–55.
Arni, Niki Andri. 2016. Hubungan antara Konsep Diri dengan Prestasi Belajar Siswa Tunarungu Kelas Dasar IV di SLB B Karnnamanohara, Kabupaten Sleman. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: FIP Universitas Negeri Yogyakarta.
Daftar Pustaka
Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Djaali, 2012. Psikologi Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Duha, A. (2023). ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL SELEMBAR ITU BERARTI KARYASURYAMAN AMIPRIONO. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 56–69.
Edarmawati Halawa. 2021. DERIVATION AND INFLECTION ON SELENA GOMEZ SONG LYRICS IN REVIVAL ALBUM.Relation Journal: Research on English Language Education. 3(2). 33-41
Edi, Syrwani. 2014. Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Elisabeth Waruwu. 2021. ILLOCUTIONARY ACTS IN WONDER WOMAN MOVIE (2017).Relation Journal: Research on English Language Education. 3(2). 42-52
Fau, S., Firman, dan Mudjiran. 2016. Kontribusi Konsep Diri Akademik dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris serta Implikasinya dalam Penyusunan Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Bidang Belajar. Jurnal Konselor, 5 (4): 225.
Fisti Julianis Halawa. 2022. GRAMMATICAL DEVIATION IN RICH BRIAN’S SONG LYRICS. Relation Journal: Research on English Language Education.49-58.
Giawa, M. I. P. (2022). ANALISIS PERWATAKAN TOKOH DALAM NOVEL PERTEMUAN DUA HATIKARYA NH. DINI. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).
Gulo, F. (2022). KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA PADA KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS X IIS-B SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).
Halawa, M. (2021). GAYA BAHASA PERBANDINGAN PADA NOVEL “JALAN PASTI BERUJUNG” KARYA BENYARIS ADONIA PARDOSI. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 1–11.
Hasan, Iqbal. 2003. Pokok-Pokok Materi Statistik 1. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Heldestina Laia. 2022. AN ANALYSIS OF CONNOTATIVE MEANING IN LINKIN PARK “A THOUSAND SUNS ALBUM”. 4 (1). 11-18
Hia, M. (2023). ANALISIS MAKNA METAFORA DALAM ALBUM LETTO BEST OF THE BEST CIPTAAN NOE LETTO. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 1–12.
Jalaluddin, 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 3. 2007. Jakarta: Balai Pustaka.
Khanati Gulo., D. (2021). FAKTA DAN OPINI PADA TAJUK RENCANA “HARIAN ANALISA” TAHUN 2020. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1).
Laia, E. (2023). ANALISIS STRUKTUR TEKS LAPORAN OBSERVASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SUSUA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 13–23.
Laia, F. (2022). KESALAHAN TATA BAHASA PADA SURAT IZIN DISEKOLAH YANG DITULIS OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 AMANDRAYA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).
Laia, F. (2023). ANALISIS STRUKTUR TEKS LAPORAN OBSERVASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SUSUA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 24–35.
Laia, L. S. B. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 TOMA TAHUN PEMBELALAJARAN 2020/2021. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1).
Liawrencia, P.F., Putra, D. 2014. Hubungan antara Konsep Diri dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPA2 Tahun Ajaran 2013/2014 di SMA Dharma Putra Tangerang. Jurnal Noetic Phsychology, 4 (1): 76.
Maesaroh, Siti. 2013. Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1 (1): 160
Manao, M. M. (2021). PERWATAKAN TOKOH UTAMA DALAM KUMPULAN CERITA “SETENGAH PECAH. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1).
Mangkuatmodjo, Soegyarto. 2004. Statistik Lanjutan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Marlin Hati. 2021. DEIXIS IN JOHN GREEN’S NOVEL ENTITLED LOOKING FOR ALASKA. Relation Journal: Research on English Language Education. 3(2). 11-20
Marnidewi Laia. 2021.TRANSLATION METHOD USED IN TRANSLATING SHORT STORY “THE GIFT OF THE MAGI” BY HARUM WIBOWO. Relation Journal: Research on English Language Education. 3(2). 53-60
Mega Putriani Foni Serni Loi. 2022. THE ENGLISH LEARNING QUALITY DURING PANDEMIC COVID-19 OF STUDENTS AT SMP NEGERI 1 TELUK DALAM. Relation Journal: Research on English Language Education. 4 (1). 40-48
Mulyaningtias, B.R., dan Hadiyanto Y.P. 2006. Bimbingan dan Konseling SMA. Erlangga PT Gelora Aksara Pratama.
Nasimanis Zebua. 2022. STUDENTS’ DIFFICULTIES IN COMPREHENDING NARRATIVE TEXT AT THE ELEVENTH GRADE OF SMA SWASTA FAJARMAS BAWONAURU. Relation Journal: Research on English Language Education. 4 (1). 19-28
Nehe, T. (2021). KONJUNGSI DALAM BAHASA NIAS RAGAM SELATANDIALEK HILIZIHONÓDI KECAMATAN FANAYAMA. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1).
Pianus Zai., D. (2022). ANALISIS GAYA BAHASA SINDIRAN DALAM ALBUMS’NADA TRIO VOLUME 3KARYA YUNUS GEA. 2(2).
Prasetyo, B., dan Jannah L.M. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Pratiwi, Noor Komari. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga, 1 (2): 81
Purwanto, 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rahman, Agus Abdul, 2013. Psikologi Sosial: Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Rebecca E. Laiya. 2022. STUDENTS’ MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH DURING PANDEMIC COVID-19AT SMA NEGERI 1 TELUKDALAM. Relation Journal: Research on English Language Education 4 (1). 1-10
Riduwan, 2015. Belajar Mudah Penelitian: Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: PT. Alfabeta.
Rospinta Hulu. 2021.TEACHING STRATEGIES USED BY ENGLISH TEACHERDURING PANDEMIC SITUATION AT EIGHTHGRADE OF SMP NEGERI 1 LAHUSA. Relation Journal: Research on English Language Education. 3(2). 11-20
Simanullang, N. R. (2022a). KARANGAN NARASI MELALUI METODE PENEMUAN. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 73–81.
Simanullang, N. R. (2022b). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA MELALUI. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 64–73.
Subaryana. 2015. Konsep Diri dan Prestasi Belajar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 7 (2): 28-29.
Sudjana, 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumantri, Bambang. 2011. Hubungan antara Konsep Diri dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Ngawi. Media Prestasi, 8 (2): 140.
Supardi, 2015. Penilaian Autentik: Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Syah, Muhibbin. 2014. Psikologi Pendidikan: dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syamsul, 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.
Trisnawati Ziliwu., D. (2022). ANALISIS KESALAHAN PILIHAN KATA PADA SURAT RESMI YANG DITULIS SISWA KELAS X SMK SWASTA BNKP DARO-DARO. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo.
Usman, H., dan Akbar, R. P. S. 2015. Pengantar Statistika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Widiarti, Pratiwi Wahyu. Konsep Diri (Self Concept) dan Komunikasi Interpersonal dalam Pendampingan pada Siswa SMP se Kota Yogyakarta. Jurnal Infomasi Kajian Ilmu Komunikasi, 47 (1): 137.
Yustina Gulo.2022. IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY ON NARRATIVE TEXT THROUGH MNEMONIC METHOD AT THE SEVENTH GRADE OF SMP 1 HURUNA. Relation Journal: Research on English Language Education. 4 (1). 29-39
Zai, B. (2021). ANALISIS MAKNA KONOTATIF PADA KUMPULAN PUISI KETIKA CINTA BICARAKARYA KAHLIL GIBRAN. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1).