HUBUNGAN BAKAT DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP SWASTA Kr. BNKP TELUKDALAM

  • Arifin Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Bestari Laia Universitas Nias Raya
  • Exfristin Wau SMP Swasta BNKP Telukdalam
Keywords: Hubungan; bakat; prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang sering dialami siswa dalam belajar matematika sehingga memperoleh nilai-nilai rendah dan kurang berprestasi sementara memiliki bakat pada bidang tersebut yakni: siswa kurang menyukai guru matapelajaran matematika sehingga siswa malas belajar, fasilitas belajar matematika belum memadai, kurang termotivasi dalam belajar dan berprestasi karena tidak mampu mempertahankan nilai, siswa menganggap menjadi siswa yang berprestasi adalah tanggung jawab yang berat, siswa belum mampu mengenal/menyadari bakat yang dimiliki, siswa main-main saat ujian, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini yakni: mendeskripsikan tingkat bakat, tingkat prestasi belajar matematika siswa, menguji hubungan antara bakat dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Swasta Kristen BNKP Telukdalam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP S. Kr. BNKP Telukdalam yang berjumlah 81 orang siswa. Teknik pengambilan sampel total sampling yaitu dari keseluruhan jumlah siswa kelas VIII-1,VIII-2,VIII-3 yaitu 81 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) tingkat bakat matematika siswa berada pada kategori sedang dengan presentase 43%skor rata-rata 92,69. (2) tingkat prestasi belajar matematika siswa berada pada kategori cukup dengan presentase 54%skor rata-rata 65. (3) koefisien korelasi (rxy) 0,600, dengan rtabel= 0,215 berada pada kategori tinggi. (4) diperoleh nilai R2 sebesar 36%. (5) hasil penelitian yang artinya  ditolak dan  diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara bakat dengan prestasi belajar matematika siswa. Saran dari peneliti, hendaknya siswa mampu mengenal dan mengembangkan bakat yang ada dalam dirinya, bagi guru BK, guru matapelajaran dan sekolah hendaknya mampu menciptakan dan mendukung kegiatan/program-program sekolah yang dapat mengembangkan bakat dan prestasi belajar siswa.

References

Ade Andi Firman Zalukhu; Dkk. (2021). ANALYSIS OF INDONESIAN-ENGLISH CODE SWITCHING AND CODE MIXING ON FACEBOOK. Relation Journal: Research on English Language Education, 3(2), 1–10.
Ahmadi dan Supriyono. 2004. Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Ali, M. dan Asrori, M. 2011. Psikologi Remaja: Perkembangan peserta didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Amajihono, S. (2022). KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS X IIS-A SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arisman Telaumbanua. (2023). ANALISIS UNSUR KOHESI DAN KOHERENSI DALAM KARANGAN EKSPOSISI YANG DITULIS OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 MAZOT.A2021/2022. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 44–55.
Asrori, Mohammad. 2012. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana
Bu’ulolo, P., & Laia, B. (2022). HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 4 FANAYAMA. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(2), 25-38.
Bu'ulolo, S., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENCEGAH BULLYING DI SMA NEGERI 1 AMANDRAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 53-62.
Danim, Sudarwan. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta. CV
Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Tatema Telaumbanua, Baziduhu Laia, F. H. (2023). Relationship Student Learning Interest To The Learning Outcomes Of Natural Sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240–246. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Yrama Widya
Duha, A. (2023). ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL SELEMBAR ITU BERARTI KARYASURYAMAN AMIPRIONO. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 56–69.
Elisabeth Waruwu., D. (2021). ILLOCUTIONARY ACTS IN WONDER WOMAN MOVIE (2017). Relation Journal: Research on English Language Education, 3(2).
Fadillah, Ahmad.2016. Analisis Minat dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.JurnalMatematikadanPendidikanMatematika, (Online), Volume 1, Nomor2, (https://www.google,com, diakses 12 Februari 2018). Hal. 113-122.
Fau, A. D. (2022a). BUDIDAYA BIBIT TANAMAN ROSELA (HIBISCUS SABDARIFFA) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK GEBAGRO 77. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545
Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.
Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.
Fauziyah, Layla. 2016. Studi Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Kebiasaan Belajar Siswa yang Berprestasi Pada MA Negeri 3 Banjarmasin T.P 2015/2016.JurnalJMBK, (Online), Volume 2, Nomor 1, (https://ojs.uniska.ac.id, diakses 12 Februari 2018). Hal. 63-88
Gaho, J., Telaumbanua, K., & Laia, B. (2022). EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 1(1), 38-46.
Giawa, M. I. P. (2022). ANALISIS PERWATAKAN TOKOH DALAM NOVEL PERTEMUAN DUA HATIKARYA NH. DINI. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).
Gori, Y., Fau, S., & Laia, B. (2023). PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 2 TOMA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 123-133.
Gulo, D., & Laia, B. (2023). PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP PERENCANAAN KARIER SISWA DI SMK NEGERI 1 TELUKDALAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 88-98.
Gulo, F. (2022). KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA PADA KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS X IIS-B SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).
Gulo, Y. (2022). IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY ON NARRATIVE TEXT THROUGH MNEMONIC METHOD AT THE SEVENTH GRADE OF SMP 1 HURUNA. Relation Journal: Research on English Language Education, 4(1).
Halawa, E. (2021). DERIVATION AND INFLECTION ON SELENA GOMEZ SONG LYRICS IN REVIVAL ALBUM. Relation Journal: Research on English Language Education, 3(2).
Halawa, E. (2023). CODE SWITCHING USED BY INTERNATIONAL TOURIST TO LOCAL PEOPLE IN SORAKE BEACH. Relation Journal: Research on English Language Education, 5(1), 29–37.
Halawa, F. J. (2022). GRAMMATICAL DEVIATION IN RICH BRIAN’S SONG LYRICS. Relation Journal: Research on English Language Education, 4(1).
Halawa, M. (2021). GAYA BAHASA PERBANDINGAN PADA NOVEL “JALAN PASTI BERUJUNG” KARYA BENYARIS ADONIA PARDOSI. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 1–11.
Harefa, D., Hulu, F. (2020). Demokrasi Pancasila di era kemajemukan. CV. Embrio Publisher,.
Harefa, D., Telambanua, K. (2020). Teori manajemen bimbingan dan konseling. CV. Embrio Publisher.
Harefa, D., Telaumbanua, T. (2020). Belajar Berpikir dan Bertindak Secara Praktis Dalam Dunia Pendidikan kajian untuk Akademis. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 40-52.
Heldestina, L. (2022). AN ANALYSIS OF CONNOTATIVE MEANING IN LINKIN PARK “A THOUSAND SUNS ALBUM.” Relation Journal: Research on English Language Education, 4(1).
Hia, M. (2023). ANALISIS MAKNA METAFORA DALAM ALBUM LETTO BEST OF THE BEST CIPTAAN NOE LETTO. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 1–12.
Hulu, R. (2021). TEACHING STRATEGIES USED BY ENGLISH TEACHERDURING PANDEMIC SITUATION AT EIGHTHGRADE OF SMP NEGERI 1 LAHUSA. Relation Journal: Research on English Language Education, 3(2).
Indrawati, Farah. 2012.Pengaruh Kemampuan Numerik dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, (Online) Volume 3, Nomor 3, (http://journal.com.indra.ac.id, diakses 09 maret 2018) Hal. 215-223.
Irianto, Agus. 2010. Statistik: Konsep Dasar, Aplikasi, dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana
Khanati Gulo., D. (2021). FAKTA DAN OPINI PADA TAJUK RENCANA “HARIAN ANALISA” TAHUN 2020. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1).
Khodijah, Nyanyu. 2014. Psikology Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Laia, B., & Daeli, B. (2022). Hubungan Kematangan Emosional dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Faomasi Kecamatan Lahomi Kabupaten Nias Barat. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(2), 12-24.
Laia, B., Sarumaha, M., Zalukhu, M. C., Ndruru, M., Telaumbanua, T., Ndraha, L. D. M., & Harefa, D. (2021). PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 159-168.
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022). PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS SELATAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162-168.
Laia, E. (2023). ANALISIS STRUKTUR TEKS LAPORAN OBSERVASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SUSUA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 13–23.
Laia, F. (2022). KESALAHAN TATA BAHASA PADA SURAT IZIN DISEKOLAH YANG DITULIS OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 AMANDRAYA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).
Laia, F. (2023). ANALISIS STRUKTUR TEKS LAPORAN OBSERVASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SUSUA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 24–35.
Laia, L. S. B. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 TOMA TAHUN PEMBELALAJARAN 2020/2021. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1).
Laia, Marnidewi., D. (2021). TRANSLATION METHOD USED IN TRANSLATING SHORT STORY “THE GIFT OF THE MAGI” BY HARUM WIBOWO. Relation Journal: Research on English Language Education, 3(2).
Laia, Y., Sarumaha, M. S., & Laia, B. (2022). BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 3 SUSUA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 1-12.
Laiya, R. E. (2022). STUDENTS’ MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH DURING PANDEMIC COVID-19AT SMA NEGERI 1 TELUKDALAM. Relation Journal: Research on English Language Education, 4(1), 1–11.
Loi, M. P. F. S. (2022). THE ENGLISH LEARNING QUALITY DURING PANDEMIC COVID-19 OF STUDENTS AT SMP NEGERI 1 TELUK DALAM. Relation Journal: Research on English Language Education, 4(1).
Manao, M. M. (2021). PERWATAKAN TOKOH UTAMA DALAM KUMPULAN CERITA “SETENGAH PECAH. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1).
Mangkey, I., & Laiya, R. E. (2023). LANGUAGE MAINTENANCE (THE STUDY OF PAU SELLER ON JALAN SELAT PANJANG MEDAN). Relation Journal: Research on English Language Education, 5(1).
Marlin Hati., D. (2021). DEIXIS IN JOHN GREEN’S NOVEL ENTITLED LOOKING FOR ALASKA. Relation Journal: Research on English Language Education, 3(2).
Munandar, Utami. 2012. Pengembangan Kreaktivitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Ndruru, H., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMA NEGERI 1 ARAMO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 31-39.
Nehe, T. (2021). KONJUNGSI DALAM BAHASA NIAS RAGAM SELATANDIALEK HILIZIHONÓDI KECAMATAN FANAYAMA. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1).
Nurkancana, Wayan. 1993. Pemahaman Individu. Surabaya: Usaha Nasional
Pianus Zai., D. (2022). ANALISIS GAYA BAHASA SINDIRAN DALAM ALBUMS’NADA TRIO VOLUME 3KARYA YUNUS GEA. 2(2).
Purwanto.2014.Evaluasi Hail Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: PT. Alfabeta
Sary, Endah N. 2015. Psikologi Pendidikan: Untuk Mahasiswa Umum dan Kesehatan. Yogyakarta: Parama Publishing
Semiawan, Conny.1997.Perspekstif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: Grasindo
Simanullang, N. R. (2022a). KARANGAN NARASI MELALUI METODE PENEMUAN. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 73–81.
Simanullang, N. R. (2022b). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA MELALUI. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 64–73.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Subini, Nini. 2012. Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Mentari Pustaka
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2016.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta. CV
Sukardi dan Kusmawati. 2009.Analisis Tes Psikologi Teori dan Praktek: Dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling disekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Sulistyowati, A.D. 2013. Hubungan antara Bakat Numerik Dengan Prestasi Belajar Matematika.Naskah Publikasi,(Online),Volume 2, Nomor 1, (https://www.google.com, diakses 09 maret 2018), Hal.1-6
Sunarto dan Hartono. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta
Surur, M., D. (2020). Effect Of Education Operational Cost On The Education Quality With The School Productivity As Moderating Variable. Psychology and Education Journal, 57(9), 1196–1205.
Suryabrata, Sumardi.2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Syah Muhibbin. 2014. Psikologi Pendidikan: Dengan pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Telaumbanua, M., Harefa, D. (2020). Teori Etika Bisnis dan Profesi Kajian bagi Mahasiswa & Guru. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM) Banten.
Tohirin. 2015. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasias Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers
Tonius Gulo, D. H. (2023). Identifikasi Serangga ( Insekta ) yang merugikan Pada Tanaman Cabai Rawit di Desa Sisarahili Ekholo Kecamatan Lolowau Kabupaten Nias Sealatan. Jurnal Sapta Agrica, 2(1), 50–61.
Trisnawati Ziliwu., D. (2022). ANALISIS KESALAHAN PILIHAN KATA PADA SURAT RESMI YANG DITULIS SISWA KELAS X SMK SWASTA BNKP DARO-DARO. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).
Umi Narsih, D. (2023). Bunga rampai “Kimia Analisis farmasi.” Nuha Medika. https://www.numed.id/produk/bunga-rampai-kimia-analisis-farmasi-penulis-umi-narsih-faidliyah-nilna-minah-dwi-ana-anggorowati-rini-kartika-dewi-darmawan-harefa-jelita-wetri-febrina-a-tenriugi-daeng/
Uno, Hamzah B. Dan Kuadrat, Umar M. 2009. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran: Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan. Jakarta: Bumi Aksara
Zai, B. (2021). ANALISIS MAKNA KONOTATIF PADA KUMPULAN PUISI KETIKA CINTA BICARAKARYA KAHLIL GIBRAN. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1).
Zebua, N. (2022). STUDENTS’ DIFFICULTIES IN COMPREHENDING NARRATIVE TEXT AT THE ELEVENTH GRADE OF SMA SWASTA FAJARMAS BAWONAURU. Relation Journal: Research on English Language Education, 4(1).
Zendrato, D. H., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2023). EFFECTIVENESS OF GROUP COUNSELING SERVICES IN TROUBLESHOOTING ADJUSTMENT ISSUES SELF STUDENT OF GRADE X SMA NEGERI 2 LAHUSA ACADEMIC YEAR 2022/2023. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 3(1), 10-22.
Published
2023-11-28