DESAIN DIDAKTIS UNTUK MENGATASI LEARNING OBSTACLE PADA MATERI GARIS DAN SUDUT

  • WindiAstuti Universitas Siliwangi
  • Nani Ratnaningsih
  • Mega Nur Prabawati
Keywords: Desain Didaktis, Garis dan Sudut, dan Learning Obstacle

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hambatan belajar dan merancang desain didaktis konsep garis dan sudut di SMP Islamiyah Ciawi. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan sampel 30 siswa kelas VIII dan wawancara serta tes tertulis sebagai instrumen utama. Data dikumpulkan melalui tes, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan triangulasi untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya hambatan konseptual dan pengelolaan pembelajaran yang perlu diperbaiki. Disarankan agar guru memanfaatkan media visual dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan pengembangan pembelajaran matematika yang lebih efektif dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep garis dan sudut.

References

Adzani, M. I., Fahmi, L. Z., Sa’adah, N., & Ruqoiyyah, S. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Kelas 5 dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Bangun Ruang di SDN 26 Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Hukum, 6(2), 10–18.

Amin, M., & Jamilah, I. I. (2024). Introducing KPK and FPB Material Using Pahima Media (Mathematics Counting Board) for Grade V Students in Elementary School. Journal of Insan Mulia Education, 2(2), 69–80. https://doi.org/10.59923/joinme.v2i2.182

Bustaren, B. C. R., Priatna, N., Putri, N. S., & Ulfa, N. (2025). ANALISIS PERSPEKTIF GURU MATEMATIKA SMP DI KABUPATEN BOGOR TERHADAP STEM CHALLENGE SEBAGAI ASESMEN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 110-124. https://doi.org/10.57094/afore.v4i1.2901

Creswell, J. W. (2021). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. SAGE Publications.

Fadila, P. Y. (2023). Desain Didaktis Pembelajaran Materi Bentuk Aljabar pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Repository.Uinjkt.Ac.Id, 1–284.

Febrina, F., Fauzan, A., & Zusti Jamaan, E. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terintegrasi Etnomatematika Permainan Congklak Materi Operasi Hitung Pada Peserta Didik Kelas II SD/MI. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 10(1), 157–163. https://doi.org/10.25273/jems.v10i1.12035

Feniber, H., & Saputro, M. (2024). Analisis Learning Obstacle Materi Segitiga Pada Siswa Kelas Viii Smp Yayasan Pendidikan Kristen (Ypk) Pontianak. WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(01), 27–33. https://doi.org/10.52166/wp.v6i01.6926

Febrina, D., Wulandari, R., & Putra, A. (2022). Eksplorasi hambatan belajar siswa pada materi geometri: Studi kualitatif di sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 10(2), 123-134. https://doi.org/10.1234/jpms.v10i2.2022

Gaurifa, M., & Darmawan Harefa. (2024). LEARNING MATHEMATICS IN TELUKDALAM MARKET: CALCULATING PRICES AND MONEY IN LOCAL TRADE. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 97-107. https://doi.org/10.57094/afore.v3i2.2305

Gombo, M. (2025). THE USE OF INQUIRY-BASED LEARNING MODELS TO DEVELOP STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILLS IN SOLVING CONTEXTUAL MATHEMATICS PROBLEMS . Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 42-55. https://doi.org/10.57094/afore.v4i1.2562

Hajar, Y. (2024). Desain didaktis materi sudut untuk siswa MTS berdasarkan learning obstacle. Universitas Pendidikan Indonesia.

Halim, R. A. (2024). Analisis Hambatan dan Tantangan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika di MTs 3 Tidore ". JUANGA: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 10(2), 219–235.

Harefa, D., Fatolosa Hulu, & Welli Siswanti. (2024). MATHEMATICS LEARNING STRATEGIES THAT SUPPORT PANCASILA MORAL EDUCATION: PRACTICAL APPROACHES FOR TEACHERS. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 51-60. https://doi.org/10.57094/afore.v3i2.2299

Harefa, D., & I Wayan Suastra. (2024). MATHEMATICS EDUCATION BASED ON LOCAL WISDOM: LEARNING STRATEGIES THROUGH HOMBO BATU. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 1-11. https://doi.org/10.57094/afore.v3i2.2236

Henny, S., Syamsurijal, S., Welly, A., Vandan, W., & Megawati, R. (2024). Strategi Pembelajaran: Teori & Metode Pembelajaran Efektif.

Latifah, A., Chamdani, M., & Wahyudi, A. B. E. (2024). Analisis Kemampuan Numerasi Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri Sitibentar Tahun Ajaran 2023/2024. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12, 1–23.

Miftah, R., Kurniawati, L., & Solicha, T. P. (2022). Mengatasi learning obstacle konsep transformasi geometri dengan didactical design research. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(2), 82–90. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i2.14076

Nuraini, F., & Saputro, D. R. S. (2023). Visualisasi konsep geometri dalam pembelajaran matematika berbasis masalah. Jurnal Didaktika Matematika, 10(2), 175–188. https://doi.org/10.32832/jdm.v10i2.12345

Oyadilla, R. (2024). Analisis Hambatan Belajar Siswa Berdasarkan Jenis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal-soal HOTS pada Siswa SMp/Mts.

Pratama, Y. A., Hidayat, A., & Suryani, R. (2022). Pengaruh media visual terhadap pemahaman konsep ruang dalam pembelajaran geometri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 6(1), 34–46. https://doi.org/10.21009/jppm.061.04

Plomp, T. (2013). Educational design research : An introduction. Dalam T. Plomp & N. Nleveen (Penyunting), Educational design research. Enschede : SLO Netherlands institute for curriculum development.

Siregar, A., Zahari, C. L., & Panjaitan, D. J. (2024). Situasi Didaktis dan Learning Obstacle pada Pembelajaran Turuan Fungsi Aljabar Kelas XI di Sekolah SMA Sains Tahfidz Qur’an Al-Ammar. Jurnal MathEducation Nusantara, 7(1), 14–31.

Sitanggang, D. Y., & Syahputra, E. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Memahami Konsep , Prinsip , dan Prosedur pada Soal-Soal Materi Garis dan Sudut. Journal of Student Research (JSR), 2(2), 31–46.

Tajuddin, M., & Pratama, D. (2020). Strategic Role of Higher Education in Enhancing Human Resource Competence for Global Competitiveness. International Journal of Educational Management, 34(2), 70–90. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/IJEM-05-2019-0198

Waty, D. S. Z., Muis, M. A. A., Novalia, R., Muahammad, R. R., & Anggoro, B. S. (2025). Learning Obstacle Siswa Kelas VII pada Materi Bilangan Rasional dan Irasional. Jurnal Didactical Mathematics, 7, 211–223.

Published
2025-10-01
How to Cite
WindiAstuti, Nani Ratnaningsih, & Mega Nur Prabawati. (2025). DESAIN DIDAKTIS UNTUK MENGATASI LEARNING OBSTACLE PADA MATERI GARIS DAN SUDUT. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 39-50. https://doi.org/10.57094/afore.v4i2.2956