PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA EDUCAPLAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII

  • Wini Pawaitra Winatha Universitas PGRI Palembang
  • Marhamah Universitas PGRI Palembang
  • Anggria Septiani Mulbasari Universitas negeri jakarta
Keywords: Contextual Teaching and Learning, Educaplay, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media Educaplay terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP pada materi aljabar. Penelitian dilakukan di SMPN 3 Mendobarat dengan metode kuantitatif jenis Quasi Experimental dan desain posttest only control group. Sampel terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan SPSS 22. Rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 61,55 (kategori baik) dan kelas eksperimen 73,64 (kategori sangat baik). Hasil uji t menunjukkan t-hitung sebesar 2,530 lebih besar dari t-tabel 2,0345 (α = 0,05), sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Artinya, terdapat pengaruh signifikan penggunaan model CTL berbantuan Educaplay terhadap hasil belajar siswa

References

Abrori, A. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap . Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan , 296-315.
Amelia, I. S. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Digital Library Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 2 Solok. Journal Of Education & Pedagogy, 181-308.
Amin, M. M. (2020). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 55-60.
Aqwal, P. K. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar , 1-27.
Azizah, S. W. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Literasi Sainsmenggunakan Quizizz Untuk Mengukur Hots Padamenggunakan Quizizz Untuk Mengukur Hots Padapembelajaran Ipa Siswa Smp. Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 121-132.
Cahyani, K. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Journal On Education, 1-9.
Deswita. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (Dlps) Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 150.
Ermawati. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn Kaliabang Tengah Viii. Jurnal Basicedu, 1-7.
Fabian, V. H. (2024). Pengaruh Implementasi Media Permainan Edukasi Educaplay Berbasis Gadget Terhadap Hasil Belajar Menulis Esai. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2685-2690.
Fadilah, A. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat Dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal Of Student Research, 1-17.
Fahruddin, H. N. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Mata Pelajaran Ipa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan , 1770-1775.
Fernanda, N. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Media Educaplay Di Kelas Ivb Sdn Dukuh Kupang Iii Surabaya. Journal Of Science And Education Research, 58-63.
Gea Aprilyada, M. A. (2023). Peran Kajian Pustaka Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa , 165-173.
Hamidah, S. A. (2023). Pengaruh Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mtsn 8 Hulu Sungai Utara . Jurnal Ilmiah Kependidikan Dan Kemasyarakatan , 223-239.
Hani. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contekstual Teaching And Learning (Ctl) Berbantuan Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Journal Of Classroom Action Research, 433-441.
Hartati, F. N. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Mata Pelajaran Ipa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Jjurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan , 1770-1775.
Hartini. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipas Kelas 5 Berbatuan Kuis Educaplay Di Sdn Nglambangan 01. Jurnal Media Akademik (Jma, 1-10.
Hasudungan, A. N. (2022). Pembelajaran Contextual Teaching Learning (Ctl) Pada Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Tinjauan. Jurnal Dinamika , 112-126.
Kadir. (2022). Statisitka Terapan. Depok : Kharisma Putra Utama Offiset.
Kadir. M.Pd. (2015). Statistika Terapan. Depok: Pt.Rajagrafindo Persada.
Kesumawati, N. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Siswa Sma. Pendidikan Matematika, 11.
Magdalena. (2023). Konsep Model Desain Pembelajaran Sd. Cendikia Pendidikan, 10-20.
Mahmudah, M. (2021). Mengembangkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Melalui Model - Model Pembelajaran . Jurnal Keislaman , 19- 31.
Mansur. (2023). Pembelajaran Kontekstual Dan Pembelajaran Problem Based Learning. Inovasi Ilmu Pendidikan, 66-77.
Maria Margaretha Faot, S. M. (2020). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 55-60.
Marzuki. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Kelas Xi Ipa B Sma Immanuel Sintang. Jurnal Pendidikan , 156-163.
Masruro, F. Y. (2024). Analisis Penerapan Problem Based Learning Dalam Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran Matematika. Journal Education Research And Development, 26-33.
Millah, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Alfamart Di Desa Karangbong Kecamatan Pajarakan). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam , 1-9.
Nistrina, K. (2021). Penerapan Augmented Reality Dalam Media Pembelajaran. Jurnal Sistem Informas, 1-6.
Nizamuddin. (2021). Metodologi Penelitian. Medan: Dotplus.
Novitri. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teachingand Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Kelas V Sdn 12 2x11 Enam Lingkung. Jurnal Pendidikan Nasional, 29- 35.
Nurmala, D. A. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akutansi. Jurnal Skripsi, 1-10.
Nurmaliah, D. P. (2021). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dalam Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal Of Elementary Education, 487- 491.
Pengaruh Model Pembelajaran Contekstual Teaching And Learning (Ctl) Berbantuan Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. (2024). Journal Of Classroom Action Research, 433-441.
Polontalo. (2023). Dampak Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Segiempat. Jambura Journal Of Mathematics Education, 50-62.
Prastika, Y. D. (2021). Hubungan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Di Smk Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (Ji-Mr), 26-33.
Pratomo, W. (2024). Peningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Educaplay Froggy Jumps Pada Pembelajaran Ipas Kelas V Sdn 5 Panjer. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1-12.
Rahmah. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn Kaliabang Tengah Viii. Jurnal Basicedu, 1-7.
Rahman. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 171-180.
Rifaldin, M. (2024). Penerapan Model Discovery Learningberbantuan Media Educaplay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas Viii. D Smpn 20 Makassar . Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1-11.
Rini, D. S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Educaplay Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V Madrasyah Ibtidaiyah Muhamadiah (Mim) Tanjung Inten Purbolinggo Lampung Timur. Skripsi , 1-157.
Safitri. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1321-1328.
Santika, I. G. (2022). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Ipa. Jurnal Education And Development, 207-212.
Siagian. (2023). Hubungan Model Discovery Learningdengan Strategi Konflik Kognitifterhadap Kemampuan Pemecahan Masalahmatematika Siswa. Jurnal Of Mathematics Education And Application, 122-131.
Silaban, N. (2023). Pengaruh Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Kreativitas Belajar Pak Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Laguboti Kabupaten Toba Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Berkarakter , 371-386.
Sumadi, A. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas 2 Sdn Morkoneng 1. Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 296-315.
Syahroni1, M. I. (2022). Prosedur Penelitian Kuantitatif. 1-14.
Tarigan. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Educaplay Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Ii Di Sd Negeri 064974 Medan Tembung Tahun Pembelajaran 2024/2025. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 15792- 15801.
Wasti, Y. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Mengoptimalkan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning(Ctl) Siswa Kelas Vii.3 Smp Negeri 16 Batam Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Riset Ilmiah, 1775-1794.
Wulandari. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Journal On Education, 3928-3936.
Yandi, A. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review. Jurnal Pendidikan Siber Nusantara , 13-24.
Yasmiyana, A. (2024). Meningkatkan Keterampilan Sosial Menggunakan Model Inspired Dan Media Educaplay Sdn Melayu 5. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1-16.
Yuni, Y. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Aljabar Di Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Instructional Mathematics, 1- 9.
Zahra Aulia Rahmah, I. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn Kaliabang Tengah Viii . Jurnal Basicedu, 2580-1147.
Zamili, U. (2024). Pengaruh Media Softbook Shapes Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Gkpi Tarutung Kota. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1-20.
Published
2025-10-11
How to Cite
Wini Pawaitra Winatha, Marhamah, & Anggria Septiani Mulbasari. (2025). PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA EDUCAPLAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII . Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 51-63. https://doi.org/10.57094/afore.v4i2.2860